PERDAGANGAN ANTARA NEGARA

PERDAGANGAN ANTARA NEGARA

Efek Perdagangan Internasional terhadap Pertumbuhan Ekonomi
Dalam konteks perekonomian suatu negara, salah satu wacana yang menonjol adalah mengenai pertumbuhan ekonomi. Meskipun ada juga wacana lain mengenai pengangguran, inflasi atau kenaikan harga barang-barang secara bersamaan, kemiskinan, pemerataan pendapatan dan lain sebagainya. Pertumbuhan ekonomi menjadi penting dalam konteks perekonomian suatu negara karena dapat menjadi salah satu ukuran dari pertumbuhan atau pencapaian perekonomian bangsa tersebut, meskipun tidak bisa dinafikan ukuran-ukuran yang lain. Wijono (2005) menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator kemajuan pembangunan.
Salah satu hal yang dapat dijadikan motor penggerak bagi pertumbuhan adalah perdagangan internasional. Salvatore menyatakan bahwa perdagangan dapat menjadi mesin bagi pertumbuhan ( trade as engine of growth, Salvatore, 2004). Jika aktifitas perdagangan internasional adalah ekspor dan impor, maka salah satu dari komponen tersebut atau kedua-duanya dapat menjadi motor penggerak bagi pertumbuhan. Tambunan (2005) menyatakan pada awal tahun 1980-an Indonesia menetapkan kebijakan yang berupa export promotion. Dengan demikian, kebijakan tersebut menjadikan ekspor sebagai motor penggerak bagi pertumbuhan.

Ketika perdagangan internasional menjadi pokok bahasan, tentunya perpindahan modal antar negara menjadi bagian yang penting juga untuk dipelajari. Sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Vernon, perpindahan modal khususnya untuk investasi langsung, diawali dengan adanya perdagangan internasional (Appleyard, 2004). Ketika terjadi perdagangan internasional yang berupa ekspor dan impor, akan memunculkan kemungkinan untuk memindahkan tempat produksi. Peningkatan ukuran pasar yang semakin besar yang ditandai dengan peningkatan impor suatu jenis barang pada suatu negara, akan memunculkan kemungkinan untuk memproduksi barang tersebut di negara importir. Kemungkinan itu didasarkan dengan melihat perbandingan antara biaya produksi di negara eksportir ditambah dengan biaya transportasi dengan biaya yang muncul jika barang tersebut diproduksi di negara importir. Jika biaya produksi di negara eksportir ditambah -biaya transportasi lebih besar dari biaya produksi di negara importir, maka investor akan memindahkan lokasi produksinya di negara importir (Appleyard, 2004).

Manfaat perdagangan antar Negara
Memperlancar arus barang
Dengan perdaganan antarnegara, terjadi pergerakan ataiu lalu lintas barang dan jasa antara Negara-0negaram yang terlibat. Hal in berarti melanbcarkan aruys danm jasa di antara Negara-negera yang bersangkutan, yanhg kemudian memudahkan masyarakat dari masing-masing Negara untuk menikmati barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan.
Meningkatkan pendapatan Negara
Perdaganan antaranegara dapat menaikan pendapatan masing-masing negeara. Naiknya pendapatan Negara akan meningkatkan kemampuan membagun dar negera yang bersangkutan. Sendirinya, kemudian untuk menaikan tingkat kesejateraan rakyat pun menjadi terbuka lebar.
Mempererat persahabatan
Munculnya perdagangan antarane gara pada awalnya disadarei adanya hubungan antar Negara-negra yang ada di dalam nya. Hubungan yang mendasarinya tentu saja baik mengigat saat perdagangan antarnegara masing-masing pihak cenderung untuk salin memperhatikan mitranya. Dengan landasan seperti ini, sebenarnya dapat di lihat bahwa dalam setiap perdangangan antara Negara sekaligus terdapat persahabatan di antara negar-negar itu sendiri. Niaga atau berdagang sendri pun, dalam sejarah hubungan atau kontak antaranegara satu dengan Negara lain. Maka, dapat di kaitkan bahwasanya perdagangan antarnegara merupakan sala satu wahana untuk memperat persahabatan antara Negara dalam rangka menciptakan perrdamaian nasional.
Kapal-kapal asing itu berlabu di Indonesia harus membayar uang sewa pelabuhan atau jasa pelabuhan dengan uang asing. Demikian pula, pesawat terbag orang asing, harus membayar uang sewa lapngan terbang. Uang sewa pelabuhan dan lapngan terbang yang dibayar dengan mata uang asingmerupakan tambahan devisa bagi Indonesia. Dengan menerima uang sewa pelabuahan dan lapangan terbang. Berarti indonesi telah menyelenggarakan jasa.
Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2147938-manfaat-perdagangan-antarnegara/#ixzz1KGvnRyn9

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s