Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan Kusalitas

Generalisasi adalah penalaran dengan cara menarik kesimpulan berdasarkan data yang sesuai dengan fakta. Data tersebut harus cukup untuk membuat kesimpulan secara umum. Berikut contoh paragraf induktif generalisasi :

Garis dan lekuk body samping yang menonjolkan air intake memang menjadi ciri sebuah mobil super sport. Bagian buritan mobil ini dipenuhi lampu LED motif sarang tawon yang jauh dari kesan tradisional. Empat buah knalpot dibagian spoiler menyiratkan kemampuan mesin 12 silinder dengan empat turbo charger. Lantaran lebih dari separuh bodi didominasi mesin 6000 cc membuat kabin mobil ini hanya menyisakan dua kursi penumpang saja.Aroma balap sangat terasa pada bagian kokpit yang dijejali berbagai petunjuk, mulai dari kecepatan, putaran mesin, sampai perangkat audio. Mengambil desain futuristis, struktur interior dibuat dari bahan fiber karbon yang dibungkus kulit berkualitas. Dengan segala kemegahannya, dapatlah dikatakan bahwa mobil yang diberi nama ME Four-Twelve ini akan menjadi pesaing kuat bagi mobil super sport Ferari Eazo atau Lamborghini R-GT.

Analogi adalah penalaran dengancara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Berikut contoh paragraf induktif analogi :

Perubahan alam semesta yang mengembang dapat dijelaskan dan disimpulkan dari apa yang terjadi pada balon karet yang dikembungkan. Sebelumnya, balon karet itu diwarnai. Ketika dikembangkan, warna pada balon karet itu ikut mengembang. Semakin besar balon itu mengembang, semakin pudar warnanya. Warna itu memudar karena warna makin berkurang dan mengembang. Cahaya bintang-bintang di angkasa juga semakin berkurang intensitasnya. Para ahli menyimpulkan bahwa bintang-bintang itu makin menjauh dari kita dan alam semesta pun mengembang.

Hubungan sebab-akibat adalah penalaran dengan cara mengemukakan fakta yang menjadi sebab terjadinya suatu peristiwa, kemudian dapat ditarik kesimpulan yang merupakan akibatnya. Berikut contoh paragraf induktif sebab-akibat

Tadinya saya tidak berpikir untuk membuat ruang pest. Kemudian, banyak pelanggan saya sering minta dicarikan tempat bagus untuk pesta ulang tahun anaknya. Semula saya selalu memakai tempat seperti hotel dan restoran. Kemudian terpikir, mengapa tidak membuat sendiri saja. Hal itulah yang mendorong saya untuk membuka kafe yang kemudian diberi nama Friend’s Cafe & Restaurant.

 

Sumber :

Kusmayadi, Ismail. 2006. Think Smart Bahasa Indonesia. Jakarta. Grafindo

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s